Wednesday, June 06, 2007

Indexpress minta interview

Jakarta, 6 Juni 2007

Salam hormat,

Sebelumnya ijinkan saya perkenalkan diri. Saya, Agung Dwi Hartanto. Belajar di Indexpress Jakarta menjadi peneliti partikelir. Saya tahu Mas Andreas dari teman saya di Bataviase Nouvelles, Fahri Salam. Saya juga pernah ke apartemen Mas Andre beberapa bulan silam.

Seperti yang pernah saya katakan dulu, saya diminta menulis biografi singkat PANTAU. Sebenarnya saya sudah menyatakan tak sanggup. Mengingat keterbatasan pengetahuan dan pengalaman saya. Maka Fahri Salam-lah yang kemudian ditunjuk. Hanya saja dia terlalu banyak pekerjaan. Akhirnya tugas itu kembali diberikan pada saya.

Untuk itu, jika Mas Andreas berkenan, saya ingin minta beberapa keterangan tentang PANTAU.

1. Sejarah PANTAU, termasuk di dalamnya pasang surut yang terjadi.
2. Para pendiri PANTAU
3. Liputan yang menurut teman-teman di PANTAU dianggap sebagai liputan terbaik
4. Selain jurnalisme sastrawi`, hal menarik lain yang terjadi di PANTAU. Mungkin yang membedakan PANTAU dengan media lainnya.
5. Bagaimana kondisi PANTAU hari ini, apa saja yang dilakukan.

Selain itu, saya dengar dari Fahri dan juga membaca dari blog Mas Andreas, saya ingin tahu tentang FLORES POS. Beberapa informasi terutama antara lain:

1. Sejarah perkembangan FLORES POS
2. Apa keterlibatan ordo SDV dalam penerbitan FLORES POS
3. Siapa yang membiayai media ini.
4. bagaimana koran lokal ini menghidupi dirinya sendiri sekaligus bersaing dengan media lokal dan nasional lain
5. bagaimana koran ini mampu membawa perubahan sosial dalam masyarakat FLORES

Informasi tersebut, sebagaimana Mas Andreas tahu, akan digunakan dalam penulisan Seabad Pers Indonesia.

Demikian, atas perhatian dan bantuan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Agung Dwi Hartanto

NB: Mohon jika berkenan, jawaban pertanyaan ini tidak untuk difoward ke milis. Terima kasih.

Sumber: Email Agung Dwi Hartanto pada 6 Juni 2007 kepada Andreas Harsono

No comments: